PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORRAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 28 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | SUARI, BAGUS ANDIKA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/9946/1/E1E%20012%20005.pdf http://eprints.unram.ac.id/9946/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen ( experimental research ) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Course Review Horray terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 28 Cakranegara tahun pelajaran 2015/2016. Desain penelitian ini menggunakan pretest - posttest co ntrol group design . Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan jenis teknik kelompok atau rumpun. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 28 Cakranegara, sedangkan sampelnya adalah kelas IV.A sebag ai kelas eksperimen dan kelas IV.B sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji - t. Diperoleh t hitung sebesar 7,05 sedangkan t tabel sebesar 2,052 pada taraf kepercayaan 95%. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa H a diterima dan H 0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Course Review Horray yang dimulai dari guru membagi siswa secara berkelom pok, membagikan lembar jawaban Course Review Horray , kemudian siswa menulis secara acak nomor pertanyaan pada lembar jawaban Course Review Horray , selanjutnya guru membacak