M ENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE INQ UIRY TERBIMBING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 11 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | TAUHID, AHMAD |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/9931/1/.E1E212010.pdf http://eprints.unram.ac.id/9931/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangai oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rendahnya hasil belajar IPA dapat di sebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya guru kurang tepat memilih metode mengajar, dalam pembelajaranya guru selalu menggunakan metode yang sama yaitu metode ceramah pada setiap pertemuan, belum menggunakan metode p embelajaran yang mengajak siswa terus aktif di kelas . P enelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 11 Ampenan Tahun pelajaran 2015/2016 dengan penerapan metode Inquiriy Terbimbing. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus y ang masing - masing siklusnya terdiri dari dua pertemua n yang dilakukan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menjadi subyek dal am penelitian ini siswa kelas IV SDN 11 Ampenan yang berjumlah 22 siswa terdiri dari 9 perempuan dan 13 laki - laki . Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata - rat a belajar siswa pada siklus I 65.76 dengan ketuntasan klasikal 76.19% pada siklus ke II hasil belajar siswa men