EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM POSING LEARNING (PPL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 37 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | AINIYATI, SANTIKA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/9929/1/.E1E%20212%20214.pdf http://eprints.unram.ac.id/9929/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan pembelajaran model Problem Posing Learning (PPL) terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN 37 Cakranegara . Metode penelitian yang d igunakan adalah Pre - Experimental Design ( nondesigns ) dengan bentuk one - group pretest - posttest design , yaitu hanya menggunakan satu kelompok atau kelas tanpa adanya pembanding dalam mengujicobakan suatu variabel . Subyek penelitian pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 37 Cakranegara, yang ber jumlah 25 siswa . Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes objektif untuk memperoleh hasil belajar siswa. Instrumen peneliti an yang digunakan adalah t es objektif bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji normalitas menggunakan rumus chi kuadrat dan diuji hipotesis menggunakan uji t - satu sampel. H asil perhitungan diperoleh nilai thitung sebesar 3,755 sedangkan t tabel pada taraf kepercayaan 9