PENERAPAN TEKNIK THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IP S SISWA KELAS IV DI SDN 4 CAKRANEGARA TAHUN PELA JARAN 2015/2016
Main Author: | HIDAYATI, NURUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/9928/1/.E1E%20212%20186.pdf http://eprints.unram.ac.id/9928/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN 4 Cakranegara. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “ Bagaimanakah penerapan teknik The Power Of Two dalam upaya meningkatkan hasil belajar IP S pada siswa kelas I V di SDN 4 Cakranegara Tahun Pela jaran 201 5 /201 6?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan menerapkan teknik The Power Of Two di kelas IV SDN 4 Cakranegara tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terd iri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Pelaksanaan masing - masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengumpulan d ata dalam penelitian menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini dilihat dari ketuntasan klasikal mencapai 85% . Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata -