PE NINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE STUDENT CREATE CASE STUDY PADA SISWA KELAS V SDN 1 RUMAK TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: AGUSTINA, SINDI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/9927/2/jurnal%20sindi%20agustina.pdf
http://eprints.unram.ac.id/9927/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menerapkan strategi active learning tipe student create case study pada siswa kelas V tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Adapun masing - masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan dari siklus ke siklus. Pada siklus I Ketuntasan Klasikal siswa mencapai 51,17% dengan aktivitas guru berada pada kategori sangat ba ik serta aktivitas siswa berada pada kategori cukup aktif. Pada siklus II Ketuntasan Kalsikal siswa mencapai 86,2% dengan aktivitas guru berada pada kategori sangat baik serta aktivitas siswa berada pada kategori sangat aktif, hal ini berarti Penelitian T indakan Kelas (PTK) telah memenuhi indikator yang ingin dicapai. Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, penerapan strategi active learning tipe student create case study dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 1 Rumak Tahun Pelajaran 2015/2016.