MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE QUESTION STUDENT HAVE (PERTANYAAN SISWA) SISWA KELAS V SDN 4 SURANADI TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Author: DIANTARI, I GUSTI AYU
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/9925/1/JURNAL%20SKRIPSI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/9925/
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang dihadapi dalam Penelitian ini adalah hasil belajar siswa belum mencapai KKM secara maksimal pada mata pelajaran IPA di kelas V. Salah satu penyebabnya adalah guru masih mendomi nasi proses pembelajaran sedangkan siswa masih kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Rumusan masalahnya, yaitu ”Bagaimanakah meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan metode Question Student Have siswa kelas V SDN 4 Suranadi Tahun Ajaran 2015/2 016”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V menggunakan metode Question Student Have . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 4 tahapan, yaitu tahap Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refle ksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dengan metode pengumpulan data, yakni tes untuk hasil belajar siswa pada setiap pertemuan, serta observasi untuk aktivitas guru dan siswa yang diperoleh melalui lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian di dapat data peningkatan kualitas pembelajaran, yakni untuk data aktivitas siswa memiliki rata - rata skor adalah 22,15 dengan kategori cukup baik dan rata - rata skor yang diperoleh dari aktivitas guru adalah 22,5 dengan kategori cukup baik ini terjadi pada si klus I. Sedangkan jumlah rata - rata pada siklus II yang diperoleh dari aktivitas siswa mengalami peningkatan, yaitu sebesar 32,5 dengan kategori aktif dan pada aktivitas