PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SDN 35 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2014/2015
Main Author: | WAHYUNI, SRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/9870/1/SRI%20WAHYUNI.docx http://eprints.unram.ac.id/9870/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas III di SDN 35 Cakranegara. Hal ini disebabkan pembelajaran masih terpusat pada guru (Teacher centered) dan metode pembelajaran yang digunakan monoton, Guru biasa mengajar dengan metode ceramah. Hal ini berdasarkan wawancara dengan bapak Wayan Sunendra selaku guru kelas III SDN 35 Cakranegara. Masalah penelitian adalah bagaimanakah penggunaan model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN 35 Cakranegara Tahun Pelajaran 2014/2015?.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN 35 Cakranegara Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan menggunakan model pembelajaran Word Square. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus.Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi.Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode tes. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 62,75 dengan ketuntasan klasikal 68,96% dan rata-rata skor aktivitas belajar siswa 42 dengan kategori cukup aktif dan belum berhasil. Pada siklus II data hasil belajar dan aktivitas siswa mengalami peningkatan yakni rata-rata kelas sebesar 77,2 dengan ketuntasan klasikal 86,96% dan skor rata-rata aktivitas belajar siswa 54 dengan kriteria aktif dan sudah