MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIMBAR REAKSI BERANTAI SISWA KELAS V SDN 20 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Main Author: | TAMAN, ANISAQ SRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/9858/1/JURNAL%20SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/9858/ |
Daftar Isi:
- Rendahnya hasil belajar Bahasa Indones ia disebabkan karena keterampilan menulis siswa di kelas V masih kurang.Dikarenakan karena guru tidak mampu memilih dan menentukan metode pembelajaran yang tepat dan benar sesuai dengan standar KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu: 70 dan ketuntasan kl asikalnya 75%.Berdasarkan standar terdapat 28 siswa yang tuntas dan 19 siswa yang belum tuntas dari 47 orang siswa.Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan menulis dengan menggunakan metode Mimbar Reaksi Berantai. Untuk itu diperlukan metode yang tepat untuk memperbaiki proses pembelajaran dikelas.Metode penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus,yang dimana nilai yang diperoleh persiklus adalah sebagai berikut:Untuk siklus I hasil evaluasi dipeoleh nilai sebesar 69,3 dengan persentaese ketuntas an klasikalnya diperoleh nilai sebesar; 59,5. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai yaitu; hasil evaluasi diperoleh nilai sebesar 76,8,dengan persentase ketuntasan klasikalnya adalah 75,5% hal ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa sudah meni ngkat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa keterampilan menulis dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode Mimbar R