PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERBANTUAN SCAFFOLDING DAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK SMA KELAS XI
Main Author: | Amanah, Prelia Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/976/1/SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/976/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif berbantuan scaffolding dan advance organizer terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik SMA kelas XI. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 4 Mataram tahun ajaran 2016/2017 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Terdapat dua sampel yang diambil yaitu sampel sebagai kelas yang diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan model pembelajaran generatif berbantuan scaffolding (kelas XI IPA 2) dan kelas yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran generatif berbantuan advance organizer (kelas XI IPA 3). Data kemampuan pemecahan masalah diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah berdasarkan 6 indikator yaitu menemukan kekacauan, menemukan data, menemukan masalah, menemukan ide, menemukan solusi, dan menemukan dukungan. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik (uji-t polled varian), didapatkan harga