PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS SOCIOCIENTIFIC ISSUE (SSI) TERHADAP HASL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA SISWA KELAS X1 IPA SMAN 1 BAYAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Author: | Sumiati, Sumiati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/9347/1/Sumiati.pdf http://eprints.unram.ac.id/9347/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan adanya penerapan model pembelajaran berbasis sociocientific issue (SSI) pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA SMAN 1 Bayan tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini merupakan quasy eksperiment dalam bentuk equivalent post - test only control group design yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu dengan metode purposive sampling . Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis sociocientific issue (SSI) sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Data diperoleh dari tes akhir yang dilaksanakan pada akhir pertemuan pembelajaran ( post - te st ) untuk menghitung tingkat pemahaman siswa. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji - t. Hasil uji statistik uji - t t hitung pada taraf signifikan 5% menunjukkan t hitung ( 2,254) > t tabel (1,708) yang berarti Ha diterima dan Ho d