HUBUNGAN PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI DI KOTA MATARAM
Main Author: | SUNARTO, DWI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/9314/1/COVER%20JURNAL%20PENELITIAN.docx http://eprints.unram.ac.id/9314/2/BAB%20I-%20II%20-%20III%20-%20IV%20-%20V.docx http://eprints.unram.ac.id/9314/3/JURNAL%20PENELITIAN.docx http://eprints.unram.ac.id/9314/4/LAMPIRAN.docx http://eprints.unram.ac.id/9314/ |
Daftar Isi:
- Peningkatan prestasi belajar siswa melalui peningkatan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru diharapkan mampu memberi dampak pada meningkatnya prestasi belajar siswa yang berimplikasi meningkatnya mutu pendidikan di sekolah. Penelitian ini bertujuan menyelidiki: (1) hubungan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan prestasi belajar siswa, (2) hubungan motivasi kerja guru dengan prestasi belajar siswa, dan (3) hubungan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi korelasioanal dengan populasi guru yang telah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada SMA negeri di Kota Mataram sebanyak 296 orang. Sampel diambil secara simple random sebanyak 146 orang. Variabel penelitian ini terdiri atas 2 variabel bebas yaitu: perilaku kepemimpinan kepala sekolah (X1), dan motivasi kerja guru (X2), serta 1 variabel terikat, yaitu: prestasi belajar siswa (Y). Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan hasil pengumpulan data selanjutnya dianalisis menggunakan teknik korelasi dan regresi dengan bantuan SPSS Versi 16. Hasil uji pada variabel X1 dengan Y diperoleh nilai sebesar 0,049 < 0,05, dan korelasi Person sebesar 0,467 < 0,5, serta persaman regresi Y= 66,479 + 0,013X1. Nilai pada variabel X2 dengan Y sebesar 0,041 < 0,05, dan korelasi Person sebesar 0,521 > 0,5, serta persamaan regresi Y = 68,868 + 0,013X2. Pada Variabel X1, X2 dengan Y nilai = 0,006 < 0,05, dan hasil uji determinasi diperoleh R = 0,520 > 0,5 serta nilai R square sebesar 0,461. Menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan prestasi belajar siswa sebesar 46,7%, ada hubungan yang signifikan antara motivasi kerja guru dengan prestasi belajar siswa sebesar 52,1%, dan ada hubungan yang signifikan secara bersama antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru dengan prestasi belajar siswa sebesar 52,0%.