PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK SMPN 3 MATARAM
Main Author: | SARI, FITRAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/9312/1/BAB%20I%20PENDAHULUAN.docx http://eprints.unram.ac.id/9312/2/BAB%20II%20KAJIAN%20PUSTAKA.docx http://eprints.unram.ac.id/9312/3/BAB%20III%20%20METODELOGI%20PENELITIAN%20.docx http://eprints.unram.ac.id/9312/4/BAB%20IV%20%20HASIL%20PENELITIAN.docx http://eprints.unram.ac.id/9312/5/COVER%20TESIS.docx http://eprints.unram.ac.id/9312/6/DAFTAR%20PUSTAKA%20.docx http://eprints.unram.ac.id/9312/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengembangkan bahan ajar IPA berbasis pendekatan SAVI, dan 2) menguji efektivitas bahan ajar dalam meningkatkan keteramplan proses dan kreativitas peserta didik pada materi Sistem Organisasi Kehidupan. Pengembangan dilaksanakan dengan prosedur pengembangan model Borg & Gall. Hasil uji validitas empiris melalui tahapan ujicoba kelompok kecil dan uji coba terbatas menunjukkan bahan ajar tergolong layak untuk diterapkan. Instrumen keterampilan proses dan kreativitas terbukti valid dan reliabel. Hasil uji efektivitas menunjukkan skor keterampilan proses peserta didik yang belajar menggunakan bahan ajar IPA berbasis pendekatan SAVI lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang tidak menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan SAVI (thit = 3,757 > ttabel, = 2,021, p=0.001). Demikian pula skor kreativitas peserta didik yang belajar dengan bahan ajar berbasis pendekatan SAVI lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang tidak menggunakan bahan ajar yang berbasis pendekatan SAVI (thit = 5,933 > ttabel, = 2,021, p=0.000). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan efektif untuk digunakan dalam upaya meningkatkan keterampilan proses dan kreativitas peserta didik.