MODEL PEMBELAJARAN 5E DENGAN TEKNIK DIAGRAM ROUNDHOUSE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK MTs NEGERI 1 MATARAM
Main Author: | Irmaningsih, Sri Rahayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/9303/1/ARTIKEL%20SRI%20RAHAYU%20I.%20%28E1A013048%29.pdf http://eprints.unram.ac.id/9303/ |
Daftar Isi:
- Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran 5E dengan teknik diagram Roundhouse da lam meningkatkan kemampuan metakognitif dan hasil belajar IPA peserta didik MTs Negeri 1 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian none - equivalent control group desai g n . Populasi penelitian ini adalah seluruh pes erta didik kelas VII MTs Negeri 1 Mataram pada tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas VII - 5 sebagai kelas eksperimen dan VII - 6 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri atas i nventori kesadaran metakognitif dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan bantuan program Mikrosoft Excel 2007. Uji hipotesis menggunakan uji t polled varians dengan taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model pemb