EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA TEKA - TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 NARMADA TAHUN AJARAN 2014/2015

Main Author: Hidayat, Taufik
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/9292/1/Taufik%20Hidayat.pdf
http://eprints.unram.ac.id/9292/
ctrlnum 9292
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/9292/</relation><title>EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA TEKA&#xD; -&#xD; TEKI SILANG TERHADAP &#xD; HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 &#xD; NARMADA TAHUN AJARAN 2014/2015</title><creator>Hidayat, Taufik</creator><subject>QR Microbiology</subject><description>Abstrak: &#xD; Biologi merupakan mata pelajaran yang tidak hanya mengajarkan bagaimana &#xD; menguasai fakta&#xD; -&#xD; fakta tetapi juga melakukan berbagai proses penemuan, &#xD; sehingga peran &#xD; media sebagai alat bantu belajar &#xD; sangat dibutuhkan untuk memberikan pengetahuan yang &#xD; konkret pada siswa.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui &#xD; Efektivitas Penggunaan &#xD; Media Teka &#xD; &#x2013;&#xD; Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Smp Negeri 4 &#xD; Narmada Tahun Ajaran 2014/2015&#xD; . J&#xD; enis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu &#xD; dengan desain penelitian kelompok tes awal dan tes akhir (&#xD; Pre&#xD; -&#xD; test and Post&#xD; -&#xD; test Group &#xD; Design&#xD; ). Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII di SMP Negeri 4 &#xD; Narmada. Pengambilan sampel dil&#xD; akukan dengan teknik &#xD; simple random sampling&#xD; dan yang &#xD; terpilih adalah VIIe sebagai kelas kontrol dan VIIf sebagai kelas eksperimen. Kelas VIIf &#xD; sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa penggunaan media teka&#xD; -&#xD; teki silangdan &#xD; kelas VIIe sebagai kelas &#xD; kontrol diberikan perlakuan berupa pembelajaran tanpa penggunaan &#xD; media teka&#xD; -&#xD; teki silang&#xD; . &#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa&#xD; aktivitas guru dalam &#xD; pembelajaran telah terlaksana dengan baik.&#xD; Hasil an&#xE1;lisis ni&#xD; lai rata&#xD; -&#xD; rata &#xD; pre&#xD; -&#xD; test&#xD; pada kelas &#xD; kontrol adalah &#xD; 47&#xD; .87&#xD; dan &#xD; post&#xD; -&#xD; test&#xD; adalah &#xD; 56.72&#xD; ,</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/9292/1/Taufik%20Hidayat.pdf</identifier><identifier> Hidayat, Taufik (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA TEKA - TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 NARMADA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>9292</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Hidayat, Taufik
title EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA TEKA - TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 NARMADA TAHUN AJARAN 2014/2015
publishDate 2015
topic QR Microbiology
url http://eprints.unram.ac.id/9292/1/Taufik%20Hidayat.pdf
http://eprints.unram.ac.id/9292/
contents Abstrak: Biologi merupakan mata pelajaran yang tidak hanya mengajarkan bagaimana menguasai fakta - fakta tetapi juga melakukan berbagai proses penemuan, sehingga peran media sebagai alat bantu belajar sangat dibutuhkan untuk memberikan pengetahuan yang konkret pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Media Teka – Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Smp Negeri 4 Narmada Tahun Ajaran 2014/2015 . J enis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian kelompok tes awal dan tes akhir ( Pre - test and Post - test Group Design ). Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Narmada. Pengambilan sampel dil akukan dengan teknik simple random sampling dan yang terpilih adalah VIIe sebagai kelas kontrol dan VIIf sebagai kelas eksperimen. Kelas VIIf sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa penggunaan media teka - teki silangdan kelas VIIe sebagai kelas kontrol diberikan perlakuan berupa pembelajaran tanpa penggunaan media teka - teki silang . Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam pembelajaran telah terlaksana dengan baik. Hasil análisis ni lai rata - rata pre - test pada kelas kontrol adalah 47 .87 dan post - test adalah 56.72 ,
id IOS5428.9292
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2019-05-08T15:09:04Z
last_indexed 2019-05-08T15:09:04Z
recordtype dc
_version_ 1686351120845242368
score 17.538404