EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA TEKA - TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 NARMADA TAHUN AJARAN 2014/2015
Main Author: | Hidayat, Taufik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/9292/1/Taufik%20Hidayat.pdf http://eprints.unram.ac.id/9292/ |
ctrlnum |
9292 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/9292/</relation><title>EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA TEKA
-
TEKI SILANG TERHADAP 
HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 
NARMADA TAHUN AJARAN 2014/2015</title><creator>Hidayat, Taufik</creator><subject>QR Microbiology</subject><description>Abstrak: 
Biologi merupakan mata pelajaran yang tidak hanya mengajarkan bagaimana 
menguasai fakta
-
fakta tetapi juga melakukan berbagai proses penemuan, 
sehingga peran 
media sebagai alat bantu belajar 
sangat dibutuhkan untuk memberikan pengetahuan yang 
konkret pada siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 
Efektivitas Penggunaan 
Media Teka 
–
Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Smp Negeri 4 
Narmada Tahun Ajaran 2014/2015
. J
enis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu 
dengan desain penelitian kelompok tes awal dan tes akhir (
Pre
-
test and Post
-
test Group 
Design
). Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII di SMP Negeri 4 
Narmada. Pengambilan sampel dil
akukan dengan teknik 
simple random sampling
dan yang 
terpilih adalah VIIe sebagai kelas kontrol dan VIIf sebagai kelas eksperimen. Kelas VIIf 
sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa penggunaan media teka
-
teki silangdan 
kelas VIIe sebagai kelas 
kontrol diberikan perlakuan berupa pembelajaran tanpa penggunaan 
media teka
-
teki silang
. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
aktivitas guru dalam 
pembelajaran telah terlaksana dengan baik.
Hasil análisis ni
lai rata
-
rata 
pre
-
test
pada kelas 
kontrol adalah 
47
.87
dan 
post
-
test
adalah 
56.72
,</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/9292/1/Taufik%20Hidayat.pdf</identifier><identifier> Hidayat, Taufik (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA TEKA - TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 NARMADA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>9292</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Hidayat, Taufik |
title |
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA TEKA
-
TEKI SILANG TERHADAP
HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4
NARMADA TAHUN AJARAN 2014/2015 |
publishDate |
2015 |
topic |
QR Microbiology |
url |
http://eprints.unram.ac.id/9292/1/Taufik%20Hidayat.pdf http://eprints.unram.ac.id/9292/ |
contents |
Abstrak:
Biologi merupakan mata pelajaran yang tidak hanya mengajarkan bagaimana
menguasai fakta
-
fakta tetapi juga melakukan berbagai proses penemuan,
sehingga peran
media sebagai alat bantu belajar
sangat dibutuhkan untuk memberikan pengetahuan yang
konkret pada siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
Efektivitas Penggunaan
Media Teka
–
Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Smp Negeri 4
Narmada Tahun Ajaran 2014/2015
. J
enis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu
dengan desain penelitian kelompok tes awal dan tes akhir (
Pre
-
test and Post
-
test Group
Design
). Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII di SMP Negeri 4
Narmada. Pengambilan sampel dil
akukan dengan teknik
simple random sampling
dan yang
terpilih adalah VIIe sebagai kelas kontrol dan VIIf sebagai kelas eksperimen. Kelas VIIf
sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa penggunaan media teka
-
teki silangdan
kelas VIIe sebagai kelas
kontrol diberikan perlakuan berupa pembelajaran tanpa penggunaan
media teka
-
teki silang
.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
aktivitas guru dalam
pembelajaran telah terlaksana dengan baik.
Hasil análisis ni
lai rata
-
rata
pre
-
test
pada kelas
kontrol adalah
47
.87
dan
post
-
test
adalah
56.72
, |
id |
IOS5428.9292 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2019-05-08T15:09:04Z |
last_indexed |
2019-05-08T15:09:04Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351120845242368 |
score |
17.538404 |