IMPLIKASI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MA PALAPA NUSANTARA NW SELEBUNG

Main Author: PATMAH, SERIFA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/9242/1/ARTIKEL%20SERIFA%20PATMAH%20%28E1A011055%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/9242/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implikasi penerapan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MA Palapa Nusantara NW Selebung yang terbagi menjadi 2 kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh dan diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi adalah test essay. Data dianalisis menggunakan uji-t tehnik independent sample t-test dengan taraf signifikansi 5% dengan