PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) BERBANTU MEDIA TEKA-TEKI SILANG (CROSSWORD PUZZLE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA DI SMP NEGERI 6 MATARAM

Main Author: Lestari, Rinna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/9241/1/ARTIKEL%20RINNA%20LESTARI%20%28E1A012038%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/9241/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) berbantu media teka-teki silang (crossword puzzle) terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII di SMPN 6 Mataram. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Mei. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment). Desain penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan cara purposive sampling. Data hasil penelitian berupa hasil belajar kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan model pembelajaran guided discovery berbantu media teka-teki silang memiliki rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan