ANALISIS FAKTOR PENYEBAB SISWA TIDAK AKTIF BERTANYA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII MTs AL-AZIZIYAH PUTRI GUNUNGSARI TAHUN 2015/2016

Main Author: ADEKAMTARI, AMELIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/9239/1/AME%20L%20I%20A%20A%20D%20E%20K%20AMT%20A%20R%20I.pdf
http://eprints.unram.ac.id/9239/
Daftar Isi:
  • Bertanya adalah kebiasaan yang dapat merangsang terciptanya rasa ingin belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan siswa tidak aktif bertanya dalam pembelajaran biologi di kelas VIII MTs Al-Aziziyah Putri Gunungsari Tahun 2015/2016. Pelaksanaan penelitian pada bulan Juni 2015. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Al-Aziziyah Putri. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster random sampling sehingga diperoleh 2 kelas dengan jumlah responden 59 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Analisis data menggunakan rumus persentase dengan nilai persentase rata-rata 48,75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase tinggi yang menyebabkan siswa tidak aktif bertanya dalam pembelajaran biologi kelas VIII MTs Al-Aziziyah Putri Gunungsari Tahun 2015/2016 adalah indikator rasa percaya diri siswa yaitu sebesar 66,32%. Persentase cukup yang menyebabkan