PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK (TONGKAT BICARA) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMPN 13 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015

Main Author: Adhiyatmi1, Zulfani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/9235/1/ZULAFANI%20ADHIYATMI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/9235/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar IPA biologi siswa kelas VIII SMPN 13 Mataram. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain non equivalent control group design. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIIIG sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIF sebagai kelas konrol yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Oktober di SMPN 13 mataram. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t separated variance pada taraf kesalahan 5%. Berdasarkan hasil analisis data thitung4,88 > ttabel1,99 yang berarti metode pembelajaran