PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII DI SMPN 3 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2014/2015
Main Author: | Zakrah, Zaetun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/9233/1/Zaetun%20Zakrah.pdf http://eprints.unram.ac.id/9233/ |
Daftar Isi:
- Dalam pembelajaran IPA di sekolah diharapkan guru lebih menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses serta sikap ilmiah, untuk mengembangkan kompetensi sebagai aspek penting kecakapan hidup, sehingga pembelajaran IPA dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar. Oleh karena itu diperlukan suatu strategi pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik (student centered), salah satunya adalah strategi pembelajaran discovery. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 3 Gunungsari Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalen control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa