EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 6 MATARAM TAHUN AJARAN 2013/2014

Main Author: Rosidi, Akhyar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/9185/1/Akhyar%20Rosidi.pdf
http://eprints.unram.ac.id/9185/
Daftar Isi:
  • Investigasi kelompok merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Mataram tahun ajaran 2013/2014. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan didapatkan 2 kelas sampel, yaitu kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIID sebagai kelas kontrol. Instrumen