EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMPN 13 MATARAM TAHUN AJARAN 2012/2013

Main Author: NURFAJRIANTI, NURFAJRIANTI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/9171/1/Jurnal%20Nurfarianti.pdf
http://eprints.unram.ac.id/9171/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII semester 2 di SMPN 13 Mataram tahun ajaran 2012/2013 dengan melihat perbedaan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran langsung tipe ceramah. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pre-test dan post-test group design. Data hasil belajar dianalisis dengan uji-t dua pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen masing-masing sebesar 60,5 dan 83,93, nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol masing-masing sebesar 60,2 dan 72,39. Hasil uji t diperoleh t hitung 5,7129 lebih besar dari t tabel 2,021 pada taraf signifikan 5%. Kesimpulan hasil penelitian ini ialah ada perbedaan hasil belajar biologi yang menggunakan metode pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) dengan hasil belajar biologi yang menggunakan metode ceramah yakni hasil belajar biologi yang menggunakan metode pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) lebih baik dari hasil belajar biologi yang menggunakan metode ceramah.