PERANAN RECEPTIONIST DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN TAMU PADA FRONT OFFICE DEPARTEMENT DI MATARAM SQUARE HOTEL
Main Author: | NAZMI, MIA NANDA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/9148/1/PERANAN%20RECEPTIONIST%20DALAM%20MENINGKATKAN%20PELAYANAN%20TAMU%20PADA%20.pdf http://eprints.unram.ac.id/9148/ |
ctrlnum |
9148 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/9148/</relation><title>PERANAN RECEPTIONIST DALAM MENINGKATKAN 
PELAYANAN TAMU PADA FRONT OFFICE DEPARTEMENT 
DI MATARAM SQUARE HOTEL</title><creator>NAZMI, MIA NANDA</creator><subject>H Social Sciences (General)</subject><description>Karya Tulis Ilmiah ini berjudul “Peranan Receptionist Dalam 
Meningkatkan Pelayanan Tamu pada Front Office Departement Di Mataram 
Square Hotel” yang bertujuan untuk mengetahui apa saja peranan dari receptionist 
untuk meningkatkan pelayanan tamu di Mataram Square Hotel. 
Berdasarkan pembahasan dapat diketahui apa saja peranan receptionist 
dalam meningkatkan pelayanan tamu sesuai dengan job description dan 
dilaksanakan berdasarkan SOP. Peran tersebut antara lain: melakukan greeting, 
memberikan informasi, menjual kamar, menangani tamu check in dan check out, 
menangani complain, serta menangani telepon secara umum sudah dilaksanakan 
dengan baik, namun masih dijumpai masalah seperti: (a) jika tamu yang datang 
lebih dari 2 orang, akan menyebabkan tamu menunggu, (b) pesanan kamar tamu 
belum siap, (c) barang tamu yang tertinggal di hotel disimpan oleh karyawan 
hotel, (c) Terjadi perbedaan guest list dan room reservation chart, (d) Adanya 
kelebihan breakfast (e) Kurangnya penguasaan bahasa asing. 
Saran yang penulis sampaikan antara lain: (1) Perlu adanya peningkatan 
kedisiplinan dalam penerapan SOP serta pengimplementasian job description bagi 
Front Office Departement. (2) Pihak hotel harus menambah jumlah staff Front 
Office, (3) Pihak Front Office harus memberikan informasi mengenai jam check 
out bagi tamu yang akan check in, (4) Pihak Front Office harus meningkatkan 
koordinasi dengan department lain serta harus lebih teliti saat bekerja, (5) Pihak 
HRD perlu melakukan training untuk meningkatkan keterampilan pada bagian 
Front Office Departement.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/9148/1/PERANAN%20RECEPTIONIST%20DALAM%20MENINGKATKAN%20PELAYANAN%20TAMU%20PADA%20.pdf</identifier><identifier> NAZMI, MIA NANDA (2017) PERANAN RECEPTIONIST DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN TAMU PADA FRONT OFFICE DEPARTEMENT DI MATARAM SQUARE HOTEL. Diploma thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>9148</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
NAZMI, MIA NANDA |
title |
PERANAN RECEPTIONIST DALAM MENINGKATKAN
PELAYANAN TAMU PADA FRONT OFFICE DEPARTEMENT
DI MATARAM SQUARE HOTEL |
publishDate |
2017 |
topic |
H Social Sciences (General) |
url |
http://eprints.unram.ac.id/9148/1/PERANAN%20RECEPTIONIST%20DALAM%20MENINGKATKAN%20PELAYANAN%20TAMU%20PADA%20.pdf http://eprints.unram.ac.id/9148/ |
contents |
Karya Tulis Ilmiah ini berjudul “Peranan Receptionist Dalam
Meningkatkan Pelayanan Tamu pada Front Office Departement Di Mataram
Square Hotel” yang bertujuan untuk mengetahui apa saja peranan dari receptionist
untuk meningkatkan pelayanan tamu di Mataram Square Hotel.
Berdasarkan pembahasan dapat diketahui apa saja peranan receptionist
dalam meningkatkan pelayanan tamu sesuai dengan job description dan
dilaksanakan berdasarkan SOP. Peran tersebut antara lain: melakukan greeting,
memberikan informasi, menjual kamar, menangani tamu check in dan check out,
menangani complain, serta menangani telepon secara umum sudah dilaksanakan
dengan baik, namun masih dijumpai masalah seperti: (a) jika tamu yang datang
lebih dari 2 orang, akan menyebabkan tamu menunggu, (b) pesanan kamar tamu
belum siap, (c) barang tamu yang tertinggal di hotel disimpan oleh karyawan
hotel, (c) Terjadi perbedaan guest list dan room reservation chart, (d) Adanya
kelebihan breakfast (e) Kurangnya penguasaan bahasa asing.
Saran yang penulis sampaikan antara lain: (1) Perlu adanya peningkatan
kedisiplinan dalam penerapan SOP serta pengimplementasian job description bagi
Front Office Departement. (2) Pihak hotel harus menambah jumlah staff Front
Office, (3) Pihak Front Office harus memberikan informasi mengenai jam check
out bagi tamu yang akan check in, (4) Pihak Front Office harus meningkatkan
koordinasi dengan department lain serta harus lebih teliti saat bekerja, (5) Pihak
HRD perlu melakukan training untuk meningkatkan keterampilan pada bagian
Front Office Departement. |
id |
IOS5428.9148 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2019-05-08T15:08:58Z |
last_indexed |
2019-05-08T15:08:58Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351120526475264 |
score |
17.538404 |