PERANAN RECEPTIONIST DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN TAMU PADA FRONT OFFICE DEPARTEMENT DI MATARAM SQUARE HOTEL

Main Author: NAZMI, MIA NANDA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/9148/1/PERANAN%20RECEPTIONIST%20DALAM%20MENINGKATKAN%20PELAYANAN%20TAMU%20PADA%20.pdf
http://eprints.unram.ac.id/9148/
ctrlnum 9148
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/9148/</relation><title>PERANAN RECEPTIONIST DALAM MENINGKATKAN &#xD; PELAYANAN TAMU PADA FRONT OFFICE DEPARTEMENT &#xD; DI MATARAM SQUARE HOTEL</title><creator>NAZMI, MIA NANDA</creator><subject>H Social Sciences (General)</subject><description>Karya Tulis Ilmiah ini berjudul &#x201C;Peranan Receptionist Dalam &#xD; Meningkatkan Pelayanan Tamu pada Front Office Departement Di Mataram &#xD; Square Hotel&#x201D; yang bertujuan untuk mengetahui apa saja peranan dari receptionist &#xD; untuk meningkatkan pelayanan tamu di Mataram Square Hotel. &#xD; Berdasarkan pembahasan dapat diketahui apa saja peranan receptionist &#xD; dalam meningkatkan pelayanan tamu sesuai dengan job description dan &#xD; dilaksanakan berdasarkan SOP. Peran tersebut antara lain: melakukan greeting, &#xD; memberikan informasi, menjual kamar, menangani tamu check in dan check out, &#xD; menangani complain, serta menangani telepon secara umum sudah dilaksanakan &#xD; dengan baik, namun masih dijumpai masalah seperti: (a) jika tamu yang datang &#xD; lebih dari 2 orang, akan menyebabkan tamu menunggu, (b) pesanan kamar tamu &#xD; belum siap, (c) barang tamu yang tertinggal di hotel disimpan oleh karyawan &#xD; hotel, (c) Terjadi perbedaan guest list dan room reservation chart, (d) Adanya &#xD; kelebihan breakfast (e) Kurangnya penguasaan bahasa asing. &#xD; Saran yang penulis sampaikan antara lain: (1) Perlu adanya peningkatan &#xD; kedisiplinan dalam penerapan SOP serta pengimplementasian job description bagi &#xD; Front Office Departement. (2) Pihak hotel harus menambah jumlah staff Front &#xD; Office, (3) Pihak Front Office harus memberikan informasi mengenai jam check &#xD; out bagi tamu yang akan check in, (4) Pihak Front Office harus meningkatkan &#xD; koordinasi dengan department lain serta harus lebih teliti saat bekerja, (5) Pihak &#xD; HRD perlu melakukan training untuk meningkatkan keterampilan pada bagian &#xD; Front Office Departement.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/9148/1/PERANAN%20RECEPTIONIST%20DALAM%20MENINGKATKAN%20PELAYANAN%20TAMU%20PADA%20.pdf</identifier><identifier> NAZMI, MIA NANDA (2017) PERANAN RECEPTIONIST DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN TAMU PADA FRONT OFFICE DEPARTEMENT DI MATARAM SQUARE HOTEL. Diploma thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>9148</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author NAZMI, MIA NANDA
title PERANAN RECEPTIONIST DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN TAMU PADA FRONT OFFICE DEPARTEMENT DI MATARAM SQUARE HOTEL
publishDate 2017
topic H Social Sciences (General)
url http://eprints.unram.ac.id/9148/1/PERANAN%20RECEPTIONIST%20DALAM%20MENINGKATKAN%20PELAYANAN%20TAMU%20PADA%20.pdf
http://eprints.unram.ac.id/9148/
contents Karya Tulis Ilmiah ini berjudul “Peranan Receptionist Dalam Meningkatkan Pelayanan Tamu pada Front Office Departement Di Mataram Square Hotel” yang bertujuan untuk mengetahui apa saja peranan dari receptionist untuk meningkatkan pelayanan tamu di Mataram Square Hotel. Berdasarkan pembahasan dapat diketahui apa saja peranan receptionist dalam meningkatkan pelayanan tamu sesuai dengan job description dan dilaksanakan berdasarkan SOP. Peran tersebut antara lain: melakukan greeting, memberikan informasi, menjual kamar, menangani tamu check in dan check out, menangani complain, serta menangani telepon secara umum sudah dilaksanakan dengan baik, namun masih dijumpai masalah seperti: (a) jika tamu yang datang lebih dari 2 orang, akan menyebabkan tamu menunggu, (b) pesanan kamar tamu belum siap, (c) barang tamu yang tertinggal di hotel disimpan oleh karyawan hotel, (c) Terjadi perbedaan guest list dan room reservation chart, (d) Adanya kelebihan breakfast (e) Kurangnya penguasaan bahasa asing. Saran yang penulis sampaikan antara lain: (1) Perlu adanya peningkatan kedisiplinan dalam penerapan SOP serta pengimplementasian job description bagi Front Office Departement. (2) Pihak hotel harus menambah jumlah staff Front Office, (3) Pihak Front Office harus memberikan informasi mengenai jam check out bagi tamu yang akan check in, (4) Pihak Front Office harus meningkatkan koordinasi dengan department lain serta harus lebih teliti saat bekerja, (5) Pihak HRD perlu melakukan training untuk meningkatkan keterampilan pada bagian Front Office Departement.
id IOS5428.9148
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2019-05-08T15:08:58Z
last_indexed 2019-05-08T15:08:58Z
recordtype dc
_version_ 1686351120526475264
score 17.538404