ANALISIS RANTAI NILAI AGRIBISNIS UDANG DI KECAMATAN UTAN KABUPATEN SUMBAWA
Main Author: | Pertiwi, Rosi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/898/1/SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/898/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) rantai nilai agribisnis udang (2) fungsi dan hubungan masing-masing rantai nilai (3) margin dan keuntungan antar pelaku rantai nilai agribisnis udang di Kecamatan Utan Kabupaten Sumbawa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rantai nilai agribisnis udang yaitu input supplier – petani – PAP Lokal – PAP Lombok dan Pabrik Surabaya. Input supplier yaitu telah melaksanakan fungsi penjualan, penggudangan, pengangkutan, fungsi informasi harga dan penyediaan modal. Pada petani telah melaksankan fungsi penjualan dan pembelian, penanggungan resiko, informasi harga dan penyediaan modal, sedangkan pada fisik belum dilakukan. Lembaga pemasaran ( PAP Lokal 1,2, PAP Lombok ) telah melaksanakan fungsi penjualan, pembelian, pengangkutan, penanngungan resiko, informasi harga, dan penyediaan modal, sedangkan fungsi pengolahan dan penggudangan belum dilakukan. Pabrik Surabaya telah melaksanakan fungsi pertukaran, fisik dan fasilitas. Hubungan yang terjalin antara mata rantai nilai agribisnis udang di Kecamtan Utan Kabupaten Sumbawa yaitu hubungan mitra dan non mitra yaitu hanya sebatas penjualan dan pembelian. Margin pemasaran dan keuntungan pada saluran rantai nilai dapat diketahui bahwa margin pemasaran tertinggi terdapat pada saluran 2 yaitu margin sebesar Rp 10.000/Kg dan keuntungan yang diperoleh sebesar Rp 7.100/Kg, sedangkan margin terendah terdapat pada saluran rantai nilai 1 yaitu margin sebesar Rp 6.000 /Kg dan keuntungan yang didapat sebesar Rp 3.517/Kg