TINGKAT KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS TERHADAP PELAYANAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

Main Author: Kirtiasih, Ida Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/8938/1/9.%20Jurnal%20Dayumank.docx
http://eprints.unram.ac.id/8938/
Daftar Isi:
  • Latar belakang : Jamkesmas adalah asuransi kesehatan sejak 2008-2013 untuk masyarakat kurang mampu di Indonesia. Di tahun akhir pelaksanaannya Jamkesmas masih memiliki masalah diantaranya kepesertaan, pendanaan dan pelayanan. Kepuasaan pasien Jamkesmas merupakan evaluasi pelayanan yang sudah berjalan, sehingga dapat dijadikan tolak ukur untuk melanjutkan program asuransi kesehatan pemerintah yang baru, yaitu JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) khsusnya bagi RSUP NTB. Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kategorik, dengan desain penelitian adalah cross sectional. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis univariat. Hasil : Responden jenis kelamin perempuan lebih puas daripada laki-laki. Usia lebih dari 50 tahun lebih puas dari kelompok usia lainnya. Tidak ada Jenjang pendidikan yang mendominasi tingkat kepuasaan. Setiap bangsal perlu memperbaiki pelayanan dari segi variabel reliabillity. Variabel assurance mendapat respon puas