PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN MELALUI SIRKUIT PINTAR DI KELAS IIIA SDN 35 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Author: | Rosita, Losa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/891/1/SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/891/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurangnya pemahaman siswa tentang materi pembelajaran serta kurang antusiasnya siswa terhadap pelajaran Matematika karena dianggap sulit. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika siswa kelas IIIa SDN 35 Ampenan Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan menggunakan metode permainan melalui Sirkuit Pintar. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes tertulis yang diberikan pada setiap akhir siklus, sedangkan untuk aktivitas guru dan siswa diambil melalui lembar observasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini, adalah jika skor aktivitas guru minimal berkategori “baik” dan skor aktivitas siswa berkategori “aktif”, sedangkan untuk hasil belajar siswa dikatakan meningkat jika ≥ 80% siswa mendapat nilai ≥ 70. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data aktivitas mengajar guru siklus I memperoleh skor 14 dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat dengan memperoleh skor 19 dengan kategori sangat baik. Demikian juga untuk aktivitas belajar siswa pada siklus I memeperoleh skor 31 dengan kategori kurang aktif dan