PENERAPAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 1 SEPIT TAHUN AJARAN 2010/2011

Main Author: NOPIA, DEPI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/8889/1/SKRIPSI-Q.rtf
http://eprints.unram.ac.id/8889/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi siswa yang disebabkan kurangnya aktivitas belajar siswa dan bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi konflik kognitif yang optimal untuk meningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas IV di SDN 1 Sepit Lombok Timur tahun pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, obsevasi, evaluasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Sepit kecamatan Keruak Lombok Timur Tahun Pelajaran 2009/2010. Data prestasi belajar diambil dengan menggunakan tes tertulis, sedangkan data aktivitas siswa dan guru diperoleh dari lembar penilaian aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan nilai aktivitas guru dan siswa yaitu aktivitas guru siklus I 67, siklus II 72, dan siklus III 82, aktivitas belajar siswa siklus I 69, siklus II 71 dan siklus III 86,6. Sedangkan data hasil belajar pada siklus I 60, siklus II 61,53 dan siklus III 65. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan strategi konflik kognitif dapat meningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas IV di SDN 1 Sepit tahun pelajaran 2010/2011.