STUDI PROFITABILITAS USAHA DAN PEMASARAN STROBERI DI KECAMATAN SEMBALUN KABUPATEN LOMBOK TIMUR
Main Author: | L. WIRASANDI, L. WIRASANDI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/8714/1/Jurnal.pdf http://eprints.unram.ac.id/8714/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui struktur biaya usahatani stroberi di Kecamatan Sembalun; (2) Menganalisis pendapatan dan profitabilitas usahatani stroberi di Kecamatan Sembalun; (3)Menganalisis penyerapan tenaga kerja pada usahatani stroberi di Kecamatan Sembalun; (4) Mengetahui saluran pemasaran stroberi di Kecamatan Sembalun; (5) Menganalisisefisiensi pemasaran stroberi di Kecamatan Sembalun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Struktur biaya pada usahatani stroberi, dimana biaya produksi yang dikeluarkan oleh petani responden di Kecamatan Sembalun sebesar Rp. 9.437.258/ LLG atau Rp. 84.730.929 /Ha yang terdiri dari biaya variabel per LLG sebesar Rp. 8.652.117 atau Rp. 86.521,170/Ha dan rata-rata biaya tetap yang dikeluarkan petani responden Rp. 763.000/LLG atau Rp. 7.630.000/Ha; (2) Total keuntungan usahatani stroberi sebesar Rp. 5.993.307/LLG (0.1 Ha) atau Rp. 59.536.164/Ha selama 6 bulan dan nilai profitabilitas usahatani stroberi sebesar 70.77%. artinya keuntungan usahatani stroberi mampu membayar bunga bank sebesar 18%; (3) BEP Produksi pada usahatani stroberi di Kecamatan Sembalun sebesar 117.9 Kg, BEP harga sebesar Rp. 11.856/Kg, BEP penerimaan sebesar Rp. 2.270.353.66 dan BEP luas lahan sebesar 1.8 Are; (4) Total kesempatan kerja yang bisa diserap pada usahatani stroberi disemua kegiatan sebesar 266.80 HKO/LLG atau 2650.30 HKO/Ha; (5) Pemasaran stroberi di Kecamatan Sembalun memiliki empat saluran pemasaran yaitu : I : Produsen – PPD – PPKEC – Pedagang pengecer – KA, Saluran II : Produsen – PPKEC – Pedagang Pengecer – KA, Saluran III: Produsen – Pedagang pengecer – KA, dan saluran IV : Produsen – KA; (6) Saluran pemasaran di Kecamatan Sembalun semuanya efisien, berdasarkan tiga indikator : margin pemasaran, distribusi keuntungan dan Share Produsen. Kata Kunci :