Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mengembangkan Tahapan Penilaian Sikap Spiritual Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMPN Se-Kota Mataram

Main Author: Muh. Hamudi, Muh. Hamudi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/8658/1/ARTIKEL%20HAMUDI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/8658/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam mengembangkan tahapan penilaian sikap spiritual pada mata pelajaran PPKn di SMPN se-Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Mataram, SMP Negeri 6 Mataram dan SMP Negeri 9 Mataram Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru PPKn di SMPN se-Kota Mataram dalam mengembangkan tahapan penilaian sikap spiritual sudah baik, walaupun masih memiliki beberapa kekurangan-kekurangan seperti pada tahapan pelaksanaan dan pengolahan hasil penilaian sikap spiritual.