ANALISIS PEMASARAN BAWANG MERAH DI DESA MAMBEN DAYA KECAMATAN WANASABA KABUPATEN LOMBOK TIMUR
Main Author: | Hadi, Samsul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/8653/1/Samsul%20Hadi_Jurnal_Analisis%20Pemasaran%20Bawang%20Merah%20di%20Desa%20Mamben%20Daya%20Kecamatan%20Wanasaba%20Kabupat.pdf http://eprints.unram.ac.id/8653/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk menganalisis saluran pemasaran bawang merah di daerah penelitian; (2) Untuk menganalisis fungsi- fungsi pemasaran bawang merah yang dilakukan setiap lembaga pemasaran di daerah penelitian; dan (3) Untuk menganalisis tingkat efesiensi setiap saluran pemasaran bawang merah di daerah penelitian. Penelitian ini dilakukan di Desa Mamben Daya Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur dengan jumlah petani responden sebanyak 33 orang dan 15 pedagang responden yang terdiri dari Pedagang Pengumpul Desa, Pedagang Pengumpul Kecamatan, Pedagang Pengumpul Kabupaten, Pedagang Besar, dan Pedagang Pengecer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat empat saluran pemasaran di Desa Mamben Daya Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur, yaitu : (I) Petani – Pedagang Pengumpul Desa – Pedagang Pengumpul Kecamatan – Pedagang Besar – Pedagang Pengecer – Konsumen, (II) Petani – Pedagang Pengumpul Kecamatan – Pedagang Besar – Pedagang Pengecer – Konsumen, (III) Petani – Pedagang Pengumul Kabupaten – Pedagang Besar – Pedagang Pengecer – Konsumen, (IV) Petani – Pedagang Pengumpul Kabupaten – Pedagang Pengecer – Konsumen; (2) Lembaga pemasaran melaksanakan minimal 10 fungsi pemasaran dalam melakukan pemasaran bawang merah yakni oleh pedagang pengumpul desa dan yang paling banyak melakukan fungsi pemasaran adalah pedagang pengecer yakni sebanyak 15 fungsi pemasaran; (3) Dari keempat saluran pemasaran di Desa Mamben Daya Kecamatan Wanasaba, disimpulkan bahwa saluran pemasaran IV merupakan saluran pemasaran paling efisien. Kata kunci :