PENGGUNAAN METODE THINK PAIR SHARE ( TPS ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 1 JEROWARU TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Main Author: ARIANDINI, SUSI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/8599/1/isi.docx
http://eprints.unram.ac.id/8599/
Daftar Isi:
  • Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya interaksi atau aktivitas yang dilakukan dikelas pada saat proses pembelajaran berlangsung. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Jerowaru masih rendah, selain itu juga disebabkan karena guru masih kurang tepat dalam memilih atau menggunakan metode pembelajaran. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan penggunaan metode Think Pair Share. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 1 Jerowaru tahun pelajaran 2012/2013 dengan menggunakan metode Think Pair Share. Metode pembelajaran ini disesuaikan dengan materi dan tujuan pembelajaran dan tujuan yang ingin dicapai. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu (1)perencanaan (2)pelaksanaan. (3)pengamatan ( observasi ).(4)refleksi. Data aktivitas siswa dan guru dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan soal tes evaluasi pada akhir siklus. Adapun indikator ketercapaian dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif dan tercapai ketuntasan belajar klasikalnya yaitu ≥ 85%, denagn KKM ≥63. Tes hasil belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan klasikal 50% dengan nilai rata-rata 58 dan aktivitas belajarnya dengan kategori aktif. Sedangkan pada siklus II ketuntasan klasikal siswa mengalami peningkatan yaitu mencapai 88%dengan nilai rata-rata 67 dan aktivitas belajarnya berkategori sangat aktif. Dari hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Think Pair Share dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 1 Jerowaru tahun pelajaran 2012 / 2013.