STUDI PENDAPATAN USAHATANI DAN PEMASARAN BAWANG MERAH DI DESA BRANG KOLONG KECAMATAN PLAMPANG KABUPATEN SUMBAWA
Main Author: | ANGGRAINI, DEFI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/8575/1/JURNAL%202016.pdf http://eprints.unram.ac.id/8575/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Struktur pembiyaan usahatani bawang merah di Desa Brang Kolong Kecamatan Plampang Kabupaten Sumbawa (2) jumlah produksi dan nilai pendapatan usahatani bawang merah di Desa Brang Kolong Kecamatan Plampang Kabupaten Sumbawa (3) efisiensi pemasaran bawang merah di Desa Brang Kolong Kecamatan Plampang Kabupaten Sumbawa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Biaya usahatani bawang merah di Desa Brang Kolong Kecamatan Plampang Kabupaten Sumbawa sebesar Rp 41.364.720/ha/MT dengan struktur pembiayaannya adalah biaya tidak tetap (Variabel Cost) sebesar Rp. 28.595.707/ha/MT (70%) dan biaya tetap (fixed Cost) sebesar Rp. 12.769.023/ha/MT 30%) dari total biaya. Jumlah produksi usahatani bawang merah di Desa Brang Kolong Kecamatan Plampang Kabupaten Sumbawa adalah sebanyak 11.686 kg/LLG/MT atau sebanyak 9.836 kg/ha/MT. Sedangkan nilai pendapatan yang diperolah petani usahatani bawang merah di Desa Brang Kolong adalah sebesar Rp. 126.148.700/LLG/MT atau sebesar Rp. 106.185.774/ha/MT.Pemasaran bawang merah di Desa Brang Kolong sudah efisien dilihat dari share harga produsen, sedangkan dilihat dari distribusi keuntungan saluran pemasaran tidak efisien, karena dilihat dari distribusi keuntungan < 0,5. Terdapat dua saluran Pemasaran bawang merah di Desa Brang Kolong yaitu: saluran pemasaran I: Produsen PPDs PAP Pengecer konsunen akhir. II: Produsen PPKab PAP Pengecer konsunen akhir. Dari kedua saluran pemasaran tersebut,dapat dilihat bahwa saluran pemasaran sudah efisien dilihat dari share harga produsen, sedangkan dilihat dari distribusi keuntungan saluran pemasaran tidak efisien, karena nilai distribusi keuntungan < 0,5, yaitu pada saluran pemasaran I nilai DK 0,4 dan saluran pemasaran II nilai DK 0,02. Kata Kunci: