SISTEM DAN STRATEGI PEMASARAN JAMU SASAMBO PT TRI UTAMI JAYA DI KOTA MATARAM System And Marketing Strategie Jamu Sasambo PT Tri Utami Jaya In Mataram
Main Author: | Husna, Anwa’ul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/8451/1/Jurnal.pdf http://eprints.unram.ac.id/8451/ |
Daftar Isi:
- Jamu Sasambo adalah jamu tradisional yang diproduksi oleh PT Tri Utami Jaya sebagai jamu khas NTB dengan memanfaatkan tanaman pertanian lokal untuk dipasarkan dengan sistem dan strategi khusus. Tujuan dari penelitian ini sesuai rumusan masalah adalah untuk mengetahui sistem dan strategi yang diterapkan oleh PT Tri Utami Jaya dalam memasarkan Jamu Sasambo dan hambatan apa yang dihadapi dalam menarik daya beli konsumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dilakukan di PT Tri Utami Jaya di Kota Mataram menggunakan data primer dan data skunder dari jenis data kuantitatif dan data kualitatif. Analisis pemasaran digunakan untuk mengetahui sistem dan strategi pemasaran jamu sasambo yang diterapkan dan hambatan yang dihadapi PT Tri Utami Jaya diuraikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) sistem pemasaran Jamu Sasambo PT Tri Utami Jaya melibatkan sales/karyawan dan agent freelance yang memiliki peran yang berbeda serta beberapa apotik dan toko obat, (2) PT Tri Utami Jaya memiliki 7 jenis produk dengan kemasan kapsul dan kemasan serbuk, dijual dengan harga yaitu Rp.75.000,- per satu kemasan dipasarkan di Monjok dan Sweta di Daerah Mataram dengan berbagai teknik promosi melalui media televisi, media masa, media cetak dan stand promosi, (3) dalam pemasaran Jamu Sasambo oleh PT Tri Utami Jaya di Kota Mataram ada 3 hambatan yaitu khasiat produk yang masih belum banyak dirasakan konsumen, konsumen menilai harga masih tergolong mahal dan PT Tri Utami Jaya belum mampu menciptakan kesan khusus sebagai positioning untuk menarik minat konsumen membeli produk Jamu Sasambo.