ANALISIS PEMASARAN TAHU DAN TEMPE DI DESA PUYUNG KECAMATAN JONGGAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH
Main Author: | Ananda, Desi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/8444/1/JURNAL.pdf http://eprints.unram.ac.id/8444/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui saluran pemasaran tahu dan tempe. 2) Untuk menganalisis biaya, keuntungan dan margin pemasaran tahu tempe. 3) Untuk menganalisis tingkat efisiensi pemasaran tahu dan tempe. Penelitian dilaksanakan di Desa Puyung Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah dan penentuan responden ditentukan secara Proportional Random Sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, biaya, keuntungan, margin dan fleksibilitas transmisi harga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua saluran pemasaran tahu dan tempe, yaitu meliputi : Produsen → Konsumen Akhir dan Produsen → Pedagang Pengecer → Konsumen Akhir. Biaya pemasaran tahu dan tempe masing-masing sebesar Rp. 289 per kg dan Rp. 499 per kg. Rata-rata keuntungan pemasaran tahu dan tempe sebesar Rp. 1.460 per kg dan Rp. 1.334 per kg. Rata-rata margin pemasaran tahu dan tempe masing-masing sebesar Rp. 1.750 per kg dan Rp. 1.833 per kg. Fleksibilitas transmisi harga pemasaran tahu pada saluran pemasaran I sebesar 1 (1/n=1) yang artinya sudah efisien, saluran pemasaran II sebesar 0,483 (1/n<1) yang artinya pemasaran belum efisien. Pemasaran tempe pada saluran pemasaran I sebesar 1 (1/n=1) yang artinya sudah efisien, saluran pemasaran II sebesar 2,172 (1/n>1) yang artinya pemasaran belum efisien. Kata Kunci :