PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA POKOK BAHASAN MENDISKRIPSIKAN KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI DI LINGKUNGAN SEKITAR PADA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NW JOHAR PELITA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Main Author: S U M A R N I, S U M A R N I
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/8378/1/cOVER%20sKRIPSI.docx
http://eprints.unram.ac.id/8378/2/SKRIPSI%20BAB%20I-V%20%26%20Lampiran%20TERBARU%20LOGNYA%20PRINT%20NKE.docx
http://eprints.unram.ac.id/8378/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah NW Johar Pelita tahun pelajaran 2012/2013. Mengingat rendahnya aktivitas belajar siswa pada kelas tersebut sehingga hasil belajarpun jauh di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang memaparkan data yang diperoleh melalui observasi, latihan soal, dan tes hasil belajar pada tiap siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Mei 2013 dengan subyek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen butir soal, lembar observasi siswa dan lembar observasi guru. Analisis data hasil belajar menggunakan ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal, sehingga didapatkan rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 65 dan sudah termasuk dalam kategori aktif, sedangkan rata-rata hasil belajar sebesar 70,00. Pada siklus II didapatkan rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 71 dan termasuk dalam kategori sangat aktif, sedangkan rata-rata hasil belajar sebesar 75,52. Dengan perolehan hasil tersebut, sehingga penggunaan media power point dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah NW Johar Pelita tahun pelajaran 2012/2013.