PENGARUH PENERAPAN ICE BREAKER TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SDN 4 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: WULANDARI, VINDA UTAMI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/8318/1/JURNAL%20-%20VINDA%20UTAMI%20WULANDARI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/8318/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan ice breaker terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 4 Cakranegara. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 4 Cakranegara pada bulan Maret sampai bulan April 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk penelitian Quasi Eksperimen Design dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A yang berjumlah 22 orang dan kelas IV B yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes berbentuk pilihan ganda, dokumentasi dan observasi. Sebelum diujikan kepada sampel, pada instrumen tes dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas terlebih dahulu. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan analisis data dengan uji-t, diperoleh nilai sebesar 1.531 lebih kecil dari nilai sebesar 2.016 dengan derajat kebebasan = 24 + 22 – 2 = 44 pada taraf signifikansi 5%. Maka Ha ditolak dan Ho diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh penerapan ice breaker terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 4 Cakranegara tahun pelajaran 2017/2018. Kata Kunci: