PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE MAKE A MACTH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS III SD NEGERI 2 RENSING

Main Author: Zuhri, Muh
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/8275/1/bab%20I%20-%20V%20OK.doc
http://eprints.unram.ac.id/8275/
ctrlnum 8275
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/8275/</relation><title>PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOPERATIF &#xD; TIPE MAKE A MACTH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS III SD NEGERI 2 RENSING</title><creator>Zuhri, Muh</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi belajar siswa kelas III SDN 2 Rensing yang masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru selalu monoton, yaitu model pembelajaran satu arah dan partisipasi siswa kurang. Rumusan masalah yang dikemukan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe make a macth dapat meningkatkan prestasi belajar IPS kelas III SDN 2 Rensing. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas III SDN 2 Rensing dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe make a match. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN 2 Rensing yang terdiri dari 17 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. pendekatan kuantitatif digunakan untuk menentukan hasil belajar siswa dan pendekatan kualitatif untuk menentukan data hasil observasi perilaku aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajar selama dua siklus. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 71,76 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 64% dan rata-rata skor aktivitas siswa yaitu 11,61 dengan kategori cukup aktif. Pada siklus II dengan nilai rata-rata yaitu 77,29 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 88% dan rata-rata skor aktivitas belajar siswa mencapai 14,76 dengan kategori aktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe make a macth dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas III SDN 2 Rensing.</description><date>2013</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/8275/1/bab%20I%20-%20V%20OK.doc</identifier><identifier> Zuhri, Muh (2013) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE MAKE A MACTH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS III SD NEGERI 2 RENSING. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>8275</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Zuhri, Muh
title PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE MAKE A MACTH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS III SD NEGERI 2 RENSING
publishDate 2013
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/8275/1/bab%20I%20-%20V%20OK.doc
http://eprints.unram.ac.id/8275/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi belajar siswa kelas III SDN 2 Rensing yang masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru selalu monoton, yaitu model pembelajaran satu arah dan partisipasi siswa kurang. Rumusan masalah yang dikemukan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe make a macth dapat meningkatkan prestasi belajar IPS kelas III SDN 2 Rensing. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas III SDN 2 Rensing dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe make a match. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN 2 Rensing yang terdiri dari 17 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. pendekatan kuantitatif digunakan untuk menentukan hasil belajar siswa dan pendekatan kualitatif untuk menentukan data hasil observasi perilaku aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajar selama dua siklus. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 71,76 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 64% dan rata-rata skor aktivitas siswa yaitu 11,61 dengan kategori cukup aktif. Pada siklus II dengan nilai rata-rata yaitu 77,29 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 88% dan rata-rata skor aktivitas belajar siswa mencapai 14,76 dengan kategori aktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe make a macth dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas III SDN 2 Rensing.
id IOS5428.8275
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2019-05-08T15:08:38Z
last_indexed 2019-05-08T15:08:38Z
recordtype dc
_version_ 1686351116476874752
score 17.538404