ANALISIS UNSUR KEBAHASAAN TEKS DESKRIPSI PADA KARANGAN SISWA KELAS VII SMPN 6 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Main Author: | Rukiyah, Rukiyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/8215/1/JURNAL.pdf http://eprints.unram.ac.id/8215/ |
Daftar Isi:
- ujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) bagaimana penggunaan kalimat serapan pancaindra teks deskripsi karangan siswa SMPN 6 Mataram kelas VII tahun pelajaran 2017/2018 (2) bagaimana penggunaan kata dengan kata dasar (k, t, s, p) teks deskripsi karangan siswa SMPN 6 Mataram kelas VII tahun pelajaran 2017/2018 (3) bagaimana penggunaan ejaan pada teks deskripsi karangan siswa SMPN 6 Mataram kelas VII tahun pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber datanya adalah hasil karangan teks deskripsi siswa kelas VII A, VII D, dan VII I SMP Negeri 6 Mataram. Penelitian ini mengambil 45 sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Metode penyajian hasil analisis yang digunakan adalah metode informal. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penggunaan kalimat serapan pancaindra pada setiap kelas yang dianalisis berbeda-beda, yaitu: kelas VII A menggunakan semua kalimat serapan pancaindra melihat dan 4 kalimat serapan pancaindra merasakan. Kelas VII D menggunakan semua kalimat serapan pancaindra melihat, 4 kalimat serapan pancaindra merasakan dan 1 kalimat serapan pancaidra mendengar. Kelas VII I menggunakan semua kalimat serapan pancaindra melihat dan 3 kalimat serapan pancaindra merasakan. Sehingga penggunaan pancaindra yang paling banyak digunakan oleh siswa adalah serapan pancaindra melihat. (2) Penggunaan kata berimbuhan meN- dengan kata dasar (k, t, s, dan p) pada setiap kelas berbeda-beda, yaitu: kelas VII A sebanyak 6 siswa, kelas VII D sebanyak 2 siswa, dan kelas VII I sebanyak 3 siswa. Penggunaan kata meN- dengan kata dasar (k, t, s, dan p) sudah digunakan dengan benar. Sedangkan (3) kesalahan penggunaan ejaan, yang ditemukan meliputi kesalahan pemakaian tanda baca koma dan titik; kesalahan penulisan kata turunan, kata depan, dan singkatan; dan kesalahan pemakaian huruf kapital. Kelas VII A memiliki kesalahan ejaan sebanyak 24 buah. Kelas VII D memiliki kesalahan ejaan sebanyak 28 buah. Kelas VII I memiliki kesalahan ejaan sebanyak 37 buah.