PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENYAJIAN DATA DI KELAS VII SMPN 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2017/2018

Main Author: AGUNG PUTRI ADI S.D, ANAK
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/8195/1/artikel%20fix.pdf
http://eprints.unram.ac.id/8195/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar matematika pada materi penyajian data di kelas VII SMPN 2 Mataram tahun ajaran 2017/2018. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif eksperimen dengan jenis penelitian Quasi experimental. Peneliti memilih salah satu desain dari Quasi experimental design yaitu Post Test Only Non Equivalent Group Design. Hasil belajar peserta didik diketahui melalui pemberian post test pada materi penyajian data di kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Adapun kelas sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh kelas VII D sebagai kelas eksperimen dengan model kooperatif tipe NHT dan VII E sebagai kelas eksperimen dengan model kooperatif tipe TPS. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) maupun model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi penyajian data di kelas VII SMPN 2 Mataram tahun ajaran 2017/2018 efektif ditinjau dari hasil belajar peserta didik. Namun tidak terdapat perbedaan keefektifan secara signifikan antara hasil belajar matematika peserta didik setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT maupun tipe TPS.