PENGARUH MEDIA WAYANG KARTUN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS V SDN 6 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Main Author: | MIFTAHILLAH, MIFTAHILLAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/8151/1/JURNAL%20MIFTAHILLAH%20%28E1E014035%29.pdf http://eprints.unram.ac.id/8151/ |
Daftar Isi:
- Penelititan ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media wayang kartun terhadap keterampilan menyimak siswa kelas V SDN 6 Cakranegara tahun pelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 6 Cakranegara yang terbagi dalam dua kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling purposive, diperoleh siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas bebasnya adalah kelas VA. Pada kelompok eksperimen pembelajaran menggunakan media wayang kartun, sedangkan kelompok bebas tanpa menggunakan media. Instrumen penelitian berupa soal uraian berjumlah 10 soal dengan tehnik tes lisan, sebelum data dihitung, instrumen diujikan terlebih dahulu. Berdasarkan hasil penelitian dari uji normalitas dan homogenitas dari kedua kelompok diperoleh bahwa kelompok tersebut normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji t. Dari hasil perhitungan, diperoleh = 7,235 dan = 1,997, oleh karena ≥ maka, Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh penerapan media wayang kartun terhadap keterampilan siswa,. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen sebesar 72,055 dan kelompok bebas 56,194. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media wayang kartun lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan media wayang kartun di SDN 6 Cakranegara. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada penerapan media wayang kartun memberikan pengaruh terhadap keterampilan menyimak siswa kelas V SDN 6 Cakranegara Tahun Pelajaran 2017/2018.