PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA YANG MENGIKUTI LES DI LEMBAGA BIMBEL DENGAN SISWA YANG MENGIKUTI LES PADA GURU PRIVATE SISWA KELAS V SD GUGUS 2 CAKRANEGARA KOTA MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: Angilberti F.H.A, Angilberti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/8150/1/JURNAL%20VEBY1.pdf
http://eprints.unram.ac.id/8150/
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa yang mengikuti les di Lembaga bimbel dengan siswa yang mengikitu les di guru private siswa kelas V SD Gugus 2 Cakranegara Kota Mataram tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi perbandingan (Comparative study). Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 25 siswa yang mengikuti les di Guru private dan 24 siswa yang mengikuti les di Lembaga bimbel. Intrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara. Data yang digunakan berupa nilai ulangan harian siswa kelas V. Berdasarkan hasil prestasi belajar siswa yang mengikuti les, rata-rata siswa yang mengikuti les di Lembaga bimbel yaitu 75,67 sedangkan pada siswa yang mengikuti les di guru private yaitu 74,84. Pengujian Hipotesis dilakukan dengan uji-t dua pihak menggunakan rumus t-polled varians. Dari hasil perhitungan diperoleh �h���