PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN 8 SEPIT KECAMATAN KERUAK PADA TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Main Author: | Mariana, Mariana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/8115/1/1.%20KAFER.docx http://eprints.unram.ac.id/8115/2/1.%20BAB%20I.docx http://eprints.unram.ac.id/8115/ |
Daftar Isi:
- Yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Penggunaan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN 8 Sepit Kecamatan Keruak. Hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata hasil belajar siswa yaitu siklus 1 rata-rata nilainya 68,23 dan siklus II rata-rata nilainya 71,18. Sedangkan ketuntasan klasikalnya yaitu pada siklus I yaitu 76,47% dan siklus II menjadi 88,57%. Melihat hasil yang dicapai pada siklus II menunjukkan bahwa indikator ketercapaian penelitian sudah terpenuhi. 2. Penggunaan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa kelas II SDN 8 Sepit. Hal ini terlihat dari peningkatan aktivitas guru pada siklus I mencapai rata-rata 75,00 dan pada siklus II menjadi 91,67. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa yaitu siklus I rata-rata skor yaitu 10,36 kategori aktif dan pada siklus II rata-rata skornya 11,82 kategori sangat aktif. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa.