PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 01 SEPIT TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Main Author: HIDAYATI, MAULIDATUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/8103/1/BAB%20I.docx
http://eprints.unram.ac.id/8103/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Sepit Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Sepit yang terdiri dari 13 laki-laki dan 14 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus,setiap siklus dilaksanakan melalui tahapan-tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengamatan dan tes evaluasi belajar. Keseluruhan data dianalisis secara kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Pada pelaksanaan tindakan siklus I diperoleh rerata aktivitas siswa sebesar 2,4 dengan kategori cukup aktif meningkat menjadi 3,60 pada siklus II dengan kategori aktif. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan rerata sebesar8,11dan ketuntasan klasikal mencapai 66,67%. Pada siklus II rerata hasil belajar meningkat menjadi 86,67 dan ketuntasan klasikal sebesar 96,30%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan salah satu alternativ model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran matematika.