ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN BERDASARKAN METODE ANALISIS KESALAHAN NEWMAN

Main Author: RINA NURDARMAYANI, BAIQ
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/8094/1/Artikel%20docx.pdf
http://eprints.unram.ac.id/8094/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi bilangan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kediri tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 75 orang. Dengan teknik pengambilan sampel disproportionate stratified random sampling, diperoleh sampel sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara, tes untuk siswa serta wawancara untuk siswa dan guru. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa presentase kesalahan yang dilakukan oleh siswa secara keseluruhan meliputi kesalahan membaca sebesar 59,25% dengan kategori sedang, kesalahan memahami masalah sebesar 49,07% dengan kategori rendah, kesalahan transformasi sebesar 57,78% dengan kategori sedang, kesalahan keterampilan proses sebesar 44,81% dengan kategori rendah, dan kesalahan penulisan jawaban sebesar 67,03% dengan kategori tinggi.