PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 7 SOKONG TAHUN AJARAN 2012/2013

Main Author: SUARIANI, DESAK PUTU METRI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/8086/1/skripsi%20metri.doc
http://eprints.unram.ac.id/8086/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 7 Sokong. Hal ini disebabkan metode pembelajaran yang banyak digunakan dalam kegiatan pembelajaran khususnya mata pelajaran IPA adalah metode ceramah, dan penugasan. Masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan model cooperative learning tipe snowball throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 7 Sokong? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa dengan penerapan model cooperative learning tipe snowball throwing pada siswa kelas IV SDN 7 Sokong. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode tes pilihan ganda dan metode observasi. Berdasarkan hasil analisis data, jumlah siswa tuntas sebanyak 15 siswa dari 25 siswa (siklus I), 22 siswa dari 25 siswa (siklus II). Persentase ketuntasan belajar siswa berturut-turut dari siklus I (62,5%), dan siklus II (88%) serta aktivitas belajar siswa siklus I dengan persentase rata-rata 54,17% katagori cukup aktif, dan siklus II persentase rata-rata 80,55% katagori sangat aktif. Hasil ini menunjukkan penerapan model cooperative learning tipe snowball throwing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 7 Sokong dapat dikatakan berhasil.