“PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS SISWA KELAS V SDN 24 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2013-2014”
Main Author: | YULIANA, BAIQ |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/8085/1/2.%20SKRIPSI%20BAB%20I-V.docx http://eprints.unram.ac.id/8085/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan pengamatan peneliti, prestasi belajar siswa kelas V SDN 24 Ampenan masih rendah. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang dilakukan guru lebih sering menggunakan metode pengajaran yang konvensional, guru jarang menerapkan model pembelajaran yang bersifat kooperatif. Berdasarkan uraian tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimanakah Penerapan Model Cooperative Learning teknik Make a Match dapat meningkatkan prestasi belajar Sains siswa kelas V SDN 24 Ampenan tahun pelajaran 2013/2014? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Sains siswa kelas V SDN 24 Ampenan Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode tes. Data aktivitas guru dan siswa diambil melalui metode observasi, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yakni tahap perencanaan, pelaksanaan , pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data, aktivitas guru pada siklus I dan II meningkat dari 77% menjadi 93%. Aktivitas siswa pada siklus I meningkat dari 77% menjadi 95% pada siklus II. Sementara itu, rata-rata hasil belajar siswa yang dicapai pada siklus I adalah 73,79 dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 81,03. Sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I diperoleh 76% dan meningkat pada siklus II menjadi 93%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning teknik Make a Match dapat meningkatkan prestasi belajar Sains siswa kelas V SDN 24 Ampenan tahun pelajaran 2013/2014.