STUDI PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DI MTs NEGERI 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2017/2018
Main Author: | HANDAYANI, FITRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/8053/1/ARTKEL%20FITRI%20HANDAYANI%20%28E1R014017%29.pdf http://eprints.unram.ac.id/8053/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika antara kelas yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan kelas yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas VII MTs Negeri 1 Mataram tahun ajaran 2017/2018. Desain penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 yang merupakan kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan kelas VII-2 merupakan kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dengan instrumen berupa tes prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Uji hipotesis kemampuan akhir siswa (posttest) dengan uji-t dua pihak pada taraf signifikansi 5% menghasilkan �h����� > �tabel yaitu 2,283 > 2,005 yang berarti bahwa ada perbedaan prestasi belajar matematika antara kelas yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan kelas yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas VII MTs Negeri 1 Mataram tahun ajaran 2017/2018. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata prestasi belajar matematika siswa pada kelas eksperimen 2 (81,423) lebih tinggi daripada nilai rata-rata prestasi belajar matematika siswa pada kelas eksperimen 1 (74,032) sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) lebih baik dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS).