PENERAPAN METODE SAS DENGAN PENDEKATAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I/B SDN 2 BELEKA TAHUN PELAJARAN 2012-2013
Main Author: | MARHAMAH, MARHAMAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/8045/1/Skripsi.doc http://eprints.unram.ac.id/8045/ |
ctrlnum |
8045 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/8045/</relation><title>PENERAPAN METODE SAS DENGAN PENDEKATAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I/B SDN 2 BELEKA TAHUN PELAJARAN 2012-2013</title><creator>MARHAMAH, MARHAMAH</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas I/B SDN 2 Beleka menjadi masalah yang dikeluhkan guru. Hasil observasi terhadap keluhan tersebut didapat bahwa guru hanya membelajarkan membaca permulaan dengan metode eja, yaitu pembelajaran dilakukan dengan membimbing siswa secara individu dan klasikal untuk mengeja rangkain huruf dan melafalkannya menjadi kata dan kalimat. Pelaksanaan pembelajaran yang monoton seperti ini menjadikan siswa kurang memiliki motivasi dalam belajar sehingga banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca permulaan. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan Metode SAS dengan Pendekatan PAIKEM untuk siswa kelas I/B SDN 2 Beleka tahun pelajaran 2012-2013. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah penerapan Metode SAS dengan Pendekatan PAIKEM untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa Kelas I/B SDN 2 Beleka tahun pelajaran 2012-2013. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan tes. Observasi dilakukan untuk melihat aktivitas guru maupun siswa dalam proses belajar, sedangkan tes diberikan untuk mengetahui perkembangan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data, kemampuan membaca permulaan siswa yang dicapai pada siklus I adalah 65,38% dan pada siklus II adalah 84,61%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Penerapan Metode SAS dengan Pendekatan PAIKEMdapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I/B SDN 2 Beleka tahun pelajaran 2012/2013.</description><date>2013</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/8045/1/Skripsi.doc</identifier><identifier> MARHAMAH, MARHAMAH (2013) PENERAPAN METODE SAS DENGAN PENDEKATAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I/B SDN 2 BELEKA TAHUN PELAJARAN 2012-2013. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>8045</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
MARHAMAH, MARHAMAH |
title |
PENERAPAN METODE SAS DENGAN PENDEKATAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I/B SDN 2 BELEKA TAHUN PELAJARAN 2012-2013 |
publishDate |
2013 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.unram.ac.id/8045/1/Skripsi.doc http://eprints.unram.ac.id/8045/ |
contents |
Rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas I/B SDN 2 Beleka menjadi masalah yang dikeluhkan guru. Hasil observasi terhadap keluhan tersebut didapat bahwa guru hanya membelajarkan membaca permulaan dengan metode eja, yaitu pembelajaran dilakukan dengan membimbing siswa secara individu dan klasikal untuk mengeja rangkain huruf dan melafalkannya menjadi kata dan kalimat. Pelaksanaan pembelajaran yang monoton seperti ini menjadikan siswa kurang memiliki motivasi dalam belajar sehingga banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca permulaan. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan Metode SAS dengan Pendekatan PAIKEM untuk siswa kelas I/B SDN 2 Beleka tahun pelajaran 2012-2013. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah penerapan Metode SAS dengan Pendekatan PAIKEM untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa Kelas I/B SDN 2 Beleka tahun pelajaran 2012-2013. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan tes. Observasi dilakukan untuk melihat aktivitas guru maupun siswa dalam proses belajar, sedangkan tes diberikan untuk mengetahui perkembangan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data, kemampuan membaca permulaan siswa yang dicapai pada siklus I adalah 65,38% dan pada siklus II adalah 84,61%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Penerapan Metode SAS dengan Pendekatan PAIKEMdapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I/B SDN 2 Beleka tahun pelajaran 2012/2013. |
id |
IOS5428.8045 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2019-05-08T15:08:32Z |
last_indexed |
2019-05-08T15:08:32Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351115484921856 |
score |
17.538404 |