PENERAPAN METODE SAS DENGAN PENDEKATAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I/B SDN 2 BELEKA TAHUN PELAJARAN 2012-2013

Main Author: MARHAMAH, MARHAMAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/8045/1/Skripsi.doc
http://eprints.unram.ac.id/8045/
ctrlnum 8045
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/8045/</relation><title>PENERAPAN METODE SAS DENGAN PENDEKATAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I/B SDN 2 BELEKA TAHUN PELAJARAN 2012-2013</title><creator>MARHAMAH, MARHAMAH</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas I/B SDN 2 Beleka menjadi masalah yang dikeluhkan guru. Hasil observasi terhadap keluhan tersebut didapat bahwa guru hanya membelajarkan membaca permulaan dengan metode eja, yaitu pembelajaran dilakukan dengan membimbing siswa secara individu dan klasikal untuk mengeja rangkain huruf dan melafalkannya menjadi kata dan kalimat. Pelaksanaan pembelajaran yang monoton seperti ini menjadikan siswa kurang memiliki motivasi dalam belajar sehingga banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca permulaan. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan Metode SAS dengan Pendekatan PAIKEM untuk siswa kelas I/B SDN 2 Beleka tahun pelajaran 2012-2013. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah penerapan Metode SAS dengan Pendekatan PAIKEM untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa Kelas I/B SDN 2 Beleka tahun pelajaran 2012-2013. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan tes. Observasi dilakukan untuk melihat aktivitas guru maupun siswa dalam proses belajar, sedangkan tes diberikan untuk mengetahui perkembangan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data, kemampuan membaca permulaan siswa yang dicapai pada siklus I adalah 65,38% dan pada siklus II adalah 84,61%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Penerapan Metode SAS dengan Pendekatan PAIKEMdapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I/B SDN 2 Beleka tahun pelajaran 2012/2013.</description><date>2013</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/8045/1/Skripsi.doc</identifier><identifier> MARHAMAH, MARHAMAH (2013) PENERAPAN METODE SAS DENGAN PENDEKATAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I/B SDN 2 BELEKA TAHUN PELAJARAN 2012-2013. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>8045</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author MARHAMAH, MARHAMAH
title PENERAPAN METODE SAS DENGAN PENDEKATAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I/B SDN 2 BELEKA TAHUN PELAJARAN 2012-2013
publishDate 2013
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/8045/1/Skripsi.doc
http://eprints.unram.ac.id/8045/
contents Rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas I/B SDN 2 Beleka menjadi masalah yang dikeluhkan guru. Hasil observasi terhadap keluhan tersebut didapat bahwa guru hanya membelajarkan membaca permulaan dengan metode eja, yaitu pembelajaran dilakukan dengan membimbing siswa secara individu dan klasikal untuk mengeja rangkain huruf dan melafalkannya menjadi kata dan kalimat. Pelaksanaan pembelajaran yang monoton seperti ini menjadikan siswa kurang memiliki motivasi dalam belajar sehingga banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca permulaan. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penerapan Metode SAS dengan Pendekatan PAIKEM untuk siswa kelas I/B SDN 2 Beleka tahun pelajaran 2012-2013. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah penerapan Metode SAS dengan Pendekatan PAIKEM untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa Kelas I/B SDN 2 Beleka tahun pelajaran 2012-2013. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan tes. Observasi dilakukan untuk melihat aktivitas guru maupun siswa dalam proses belajar, sedangkan tes diberikan untuk mengetahui perkembangan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data, kemampuan membaca permulaan siswa yang dicapai pada siklus I adalah 65,38% dan pada siklus II adalah 84,61%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Penerapan Metode SAS dengan Pendekatan PAIKEMdapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I/B SDN 2 Beleka tahun pelajaran 2012/2013.
id IOS5428.8045
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2019-05-08T15:08:32Z
last_indexed 2019-05-08T15:08:32Z
recordtype dc
_version_ 1686351115484921856
score 17.538404