PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAMATI, MENANYA, MENCOBA, MENALAR, MENGOMUNIKASIKAN (5M) DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGITIGA KELAS VII SEMESTER II SMP NEGERI 15 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: APRILIANA, INDI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/8035/1/ARTIKEL.pdf
http://eprints.unram.ac.id/8035/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan (5M) dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran segitiga kelas VII C SMP Negeri 15 Mataram tahun pelajaran 2017/2018 dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data hasil observasi keterampilan 5M siswa dan kegiatan guru yang diperoleh dari lembar observasi pada tiap pertemuan dan data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus. Keterampilan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan dikatakan meningkat apabila masing-masing keterampilan minimal berkategori aktif. Prestasi belajar dikatakan meningkat apabila tercapai ketuntasan belajar secara klasikal minimal 85%. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengamati, mencoba, dan menalar berkategori sangat aktif, sedangkan keterampilan menanya dan mengomunikasikan berkategori aktif. Kemudian, hasil akhir evaluasi ketuntasan klasikal belajar siswa diperoleh 93,5%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri secara optimal pada pembelajaran segitiga dapat meningkatkan keterampilan 5M dan prestasi belajar siswa kelas VII C SMPN 15 Mataram tahun pelajaran 2017/2018.