PENERAPAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS SISWA KELAS V SDN 27 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2012/2013

Main Author: FATMAWATI, FATMAWATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7987/1/SKRIPSI%20FATMAWATI%20PGSD.pdf
http://eprints.unram.ac.id/7987/
Daftar Isi:
  • Masalah penelitiaan ini adalah Rendahnya prestasi belajar siswa kelas VA SND 27 Cakranegara. Penelitiaan ini bertujuaan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VA SDN 27 Cakranegara pada mata pelajaran sains dengan penerapan metode Everyone Is a Teacher Here. Jenis penelitiaan yang digunakan adalah Penelitiaan Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi dan tahap refleksi. Cara pengumpulan data untuk prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes tertulis yang diberikan pada setia akhir siklus, sedangkan untuk aktivitas guru dan siswa diambil melalui lembar observasi. Berdasasarkan hasil penelitiaan diperoleh data peningkatan kualitas proses pelaksanaan pembelajaran yakni untuk aktivitas mengajar guru siklus I memperoleh skor 43 dengan katagori baik dan pada siklus II aktivitas mengajar guru meningkat dengan perolehan skor 57 katagori sangat aktif. Demikiaan juga untuk aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh skor 31 dengan katagori cukup aktif dan pada siklus dua meningkat dengan memperoleh skor 55 katagori sangat aktif. Untuk prestasi belajar siswa diperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 66,11 dengan persentase ketuntasan klasikal 61,53% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 80,65 dengan persentase ketuntasan klasikal 88,46, Kesimpulan dari penelitiaan ini adalah penerapan metode Everyone Is a Teacher Here dapat meningkatkan prestasi belajar sains siswa kelas VA SDN 27 Cakranegara tahun ajaran 2012/2013.