PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 2 PUYUNG KECAMATAN JONGGAT TAHUN PELAJARARAN 2011/2012

Main Author: Akhmadi, Lalu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/7972/1/BAB%201%20s.d%205.docx
http://eprints.unram.ac.id/7972/
Daftar Isi:
  • Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan berbagai faktor, salah satunya adalah metode yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran yang masih didominasi oleh pendekatan konvensional dimana guru beranggapan bahwa seluruh siswa mempunyai kemampuan dan kecepatan belajar yang sama. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan metode demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 2 Puyung Kecamatan Jonggat Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Puyung Kecamatan Jonggat yang berjumlah 24 orang siswa terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data observasi aktivtas, quesioner, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivtas siswa berkategori aktif pada siklus 1 dan sangat aktif pada siklus 2. Aktivtas guru berada pada kategori aktif pada siklus 1 dan sangat aktif pada siklus 2. Rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 60,42 dengan ketuntasan secara klasikal 62,50% pada siklus 1 dan 74,79 dengan ketuntasan 79,13% pada siklus 2. Berdasarkan data ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pokok Bumi dan Alam Semesta ( Pembentukan tanah) di Kelas V SDN 2 Puyung Kecamatan Jonggat Tahun Pelajaran 2011/2012.